Fungsi Fire Blanket

Kehadiran teknologi yang mampu mematikan api saat dalam terdesak bisa menyelamatkan jutaan orang setiap harinya.

Berbeda dengan khayalan orang yang berupa robot canggih ataupun super hero yang sering muncul di layar kaca, sesuatu yang dapat menjadi penyelamat kita tersebut ternyata berupa selembar kain yang tahan api.

Tak hanya itu saja, kain tersebut juga ternyata mampu memutus pasokan oksigen sehingga mematikan api secara alami dan cepat.

Fire Blanket, begitulah sebutannya! Sebelum api menjadi menjalar dan membesar, menerapkannya di objek yang tengah terbakar dapat mencegah bencana mematikan tersebut benar-benar terjadi.

Sangat penting bagi kita untuk mempersiapkan selimut api tersebut kapanpun kita butuhkan, tak peduli apakah itu di dunia industri, fasilitas umum seperti sekolahan, hingga rumah pribadi.

Pasalnya, fire retardant products yang satu ini didesain agar mudah digunakan dan tidak membebani ruang penyimpanan kita.

Fungsi dan Cara Menggunakannya

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa fire blanket merupakan metode modern untuk menangani kebakaran kecil seperti yang disebabkan oleh kompor di dapur.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mematikan sumber panas tersebut (jika memungkinkan), kemudian rentangkan selimut api hingga menutupi seluruh objek yang terbakar.

Atau sebaliknya, rentangkan selimut api kemudian matikan sumber panas saat kobarannya sudah bisa dikendalikan.

Selalu tempatkan dan diamkan selama kurang lebih 30 menit demi memastikan sumber api benar-benar telah padam.

Jika ternyata api kembali menyala saat fire blanket diangkat, segera tutup kembali menggunakan fire blanket tersebut. Kemudian tinggalkan ruangan, tutup pintu, dan pangil pemadam kebakaran.

Jika pada prosesnya tubuh atau pakaian kamu ikut terbakar, maka gunakan pula selimut api tersebut untuk memadamkannya dengan cara membungkus diri atau bagian yang tengah terbakar. Tepat setelah terbungkus, segera berguling di lantai sampai api padam.

Khusus Untuk Api yang tak Terkendali

Katakanlah api tersebut sudah menyebar dan membesar, maka satu-satunya cara adalah membungkus diri dengan fire blanket lalu lari ke luar ruangan sebagai bagian dari proses evakuasi.

Jangan lupakan anak-anak dan orang tersayang di rumah dan berikan pula mereka selimut api agar terhindar dari kecelakaan yang fatal.