Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil

AC mobil merupakan aksesoris mobil yang sangat penting fungsinya untuk membuat nyaman penumpang di dalamnya saat berkendara. Nah, pada AC mobil ada banyak komponen di dalamnya, salah satunya evaporator.

Bicara soal evapator, dalam artikel kali akan coba membahas tentang cara membersihkan evapator AC mobil sebagai berikut ini :

  1. Matikan Mesin Mobil

Karena akan membongkar bagian mesin, maka pastikan mesin mobil anda sudah mati sebelum membersihkan bagian evaporator. Maka dari itu, persiapkan terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan, seperti sikat gigi atau brush, dan lain sebagainya.

 

  1. Mengetahui Letak Evaporator

Hal penting lainnya yang harus diketahui sebelum membersihkan evapator AC mobil adalah letak evapator AC itu sendiri. Letak evaporator AC ini disesuaikan dengan tipe dan merek mobil yang anda miliki. Namun, pada umumnya evaporator AC mobil terletak di bagian bawah atau belakang dashboard.

 

Jika anda tidak mengetahui letak evaporator AC, maka sebaiknya anda baca buku panduan. Pasalnya, semua informasi yang terkait dengan mesin mobil ada di buku panduan tersebut.

 

  1. Buka Evaporator atau Filter AC

Langkah berikutnya adalah buka filter AC secara perlahan-lahan. Untuk mengetahui cara membuka filter AC yang benar anda bisa membacanya di buku manual sebagai panduan. Jika kondisi filter AC mobil anda sangat kotor, maka sebaiknya ganti filter AC dengan yang baru. Hal ini dilakukan agar kinerja AC juga bisa menjadi lebih maksimal. Selain itu, anda juga akan terhindar dari udara panas selama mengendari mobil.

 

Jika kotoran yang menempel pada filter AC relatif sedikit, maka gunakan sikat gigi atau brush untuk membersihkan kotoran tersebut. Agar tidak merusak komponen AC lainnya, anda bersihkan secara perlahan-lahan.

 

  1. Kaleng Spray

Salah satu peralatan yang harus anda persiapkan sebelum melakukan proses pembersihan evaporator AC adalah kaleng spray. Sebelum disemprotkan, kocok kaleng spray terlebih dahulu, lalu sisipkan mendekatu blower AC mobi. Hal ini dilakukan agar semprotan spray tersebut mengenai sasaran, yakni ke bawah blower.

 

  1. Membuka Ventilasi AC dan Kaca Mobil

Setelah disemprot, bukalah ventilasi AC dan kaca mobil supaya sirkulasi udara dari luar kabin masuk ke dalam mobil. Untuk menghindari banyaknya debu yang masuk, pastikan anda melakukan hal ini di tempat yang tidak terlalu banyak debu.

 

  1. Hidupkan Mesin Mobil

Setelah itu hidupkan mesin mobil. Pada saat mesin dihidupkan, otomatis AC mobil pun akan menyala. Lalu putar suhu AC mobil anda ke level tinggi serta tiupan blower yang paling kencang. Hal ini dilakukan agar anda bisa merasakan putaran blower sudah maksimal atau belum.

 

Apabila tiupan anginnya masih pelan, maka periksa kembali filter AC-nya. Jangan lupa untuk mematikan mesin mobil terlebih dahulu, lalu periksa bagian mana yang bermasalah.

 

  1. Semprotkan Cairan Pembersih Secara Menyeluruh

Jika sudah tidak ada masalah lagi, anda semprotkan cairan pembersih tepat ke bagian bawah blower. Semprotkan pembersih ini sampai habis supaya filter AC benar-benar bersih dari kotoran. Adapun cairan yang disemprotkan bisa berbentuk foam atau busa. Biarkan busa tersebut mengeluarkan air dari ventilator AC mobil.

 

  1. Mendiamkan Mesin Mobil

Pada saat foam mulai keluar dari ventilator AC, diamkan mesin mobil anda kurang lebih 10-15 menit. Selain itu, pastikan sudah tidak ada air yang tersisa di bagian ventilator AC.

 

  1. Membersihkan Air Dari Lubang Ventilator

Selanjutnya, bersihkan air yang keluar dari lubang ventilator.

 

  1. AC Kembali Dingin

Setelah mobil didiamkan selama 15 menit, anda bisa coba masuk ke bagian kabin mobil. Lalu anda rasakan apakah suhu udara sudah dingin atau tidak. Jika langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar, dipastikan suhu udara AC mobil anda akan kembali dingin seperti semula.