Apa Itu Kopi Moka?

Apakah Anda seorang pecinta cokelat? Tapi tidak bisa tanpa kopi? Jika iya, Anda wajib mencoba varian kopi yang satu ini, yaitu perpaduan kopi dan coklat dalam satu cangkir kopi moka. Kopi moka memang akan sangat cocok untuk Anda para pecinta cokelat dan kopi.

Mengenal Kopi Moka

Menurut cerita, kopi moka berasal dari biji kopi yang disebut moka yang dikapalkan dari pelabuhan Al Mokka di Yaman. Biji kopi terkenal dengan rasanya yang agak kecoklatan. Dengan berkembangnya zaman, nama “mocha” tidak lagi terkait dengan biji kopinya melainkan dengan adanya rasa coklat pada minuman kopi tersebut.

Kandungan dalam Kopi Moka

Ada banyak kombinasi untuk membuat moka, tetapi bahan dasar yang paling umum adalah satu atau dua espresso yang dipadukan dengan perasa cokelat kemudian ditambahkan dengan susu atau krim kemudian di atasnya dengan bubuk kakao, atau parutan cokelat di atasnya. Jika ditanya apakah moka adalah minuman kopi, jawabannya adalah ya. Secangkir moka berisi satu cangkir espresso. Dengan tambahan kombinasi selain kopi, tentunya kopi di moka ini tidak terlalu strong.

Rasa Kopi Moka

Bisa dibilang kopi moka dianggap sebagai varian dari minuman cokelat, tetapi juga termasuk dalam kategori minuman kopi. Dari segi rasa, kopi moka manis seperti cokelat, tetapi juga sedikit dipanggang seperti kopi roasty. Bagi sebagian orang, rasa kopi dalam secangkir moka hampir tidak terasa, tapi sekali lagi itu tergantung kopinya, kandungan coklatnya dan juga kepekaan lidah masing-masing orang. Biasanya, kopi moka juga menjadi minuman musim dingin di negara-negara barat.

Variasi Kopi Moka

Cafe yang berbeda menyiapkan kopi moka dengan cara yang berbeda, ada yang menggunakan bubuk kakao, ada yang menggunakan sirup cokelat dan bahkan ada yang lebih suka melelehkan cokelatnya dan menambahkannya ke cangkir kopi. Namun, menggunakan cokelat leleh tentu membutuhkan waktu lebih lama.

Selain teknik dan rasa cokelat yang digunakan, tidak jarang kafe menggunakan cokelat putih atau bahkan kombinasi cokelat putih dan hitam seperti “zebra mocha”. Selain memilih coklat, penyajian kopi moka juga memiliki hal yang menarik yaitu menggunakan fresh cream atau whipped cream di atasnya. Biasanya moka ini disajikan dengan whipped cream termasuk minuman dessert.

Rasa Kopi Moka Terbaik

Cara terbaik untuk membuat kopi moka adalah dengan mencampur cokelat dengan espresso terlebih dahulu dan pastikan tercampur dengan baik sebelum menambahkan susu. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan perpaduan sempurna antara rasa kopi dan cokelat dalam sekali teguk. Selain itu, pemilihan jenis kopi dan kadar coklat yang digunakan tentunya juga sangat mempengaruhi rasa yang dihasilkan.

Jika berbicara tentang susu, tentu saja jenis susu yang meningkatkan rasa kopi moka dan memberikan rasa cokelat terbaik adalah susu full cream, tetapi Anda juga bisa menggunakan jenis susu lain, seperti susu rendah lemak atau dairy free. Ingin lebih praktis? Cobalah Nescafe Can Mocha.